Jl. RM Suryo No.1, Sendangharjo, Tuban
(0356) 321322
smpntuban01@gmail.com

SARASEHAN PUSTAKA PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 TUBAN

SMP Negeri 1 Tuban

SARASEHAN PUSTAKA PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 TUBAN

SARASEHAN PUSTAKA PERPUSTAKAAN

Sabtu, (5/10) Perpustakaan SMP Negeri 1 Tuban mengadakan Sarasehan Pustaka dalam Rangka Penguatan Budaya Literasi. Upaya ini dilakukan oleh perpustakan SMP Negeri 1 Tuban untuk memperluas pengetahuan peserta didik mengenai buku-buku hebat yang belum terlalu diminati oleh kalangan muda terutama anak SMP.

Acara ini dikemas secara santai di halaman depan sekolah dan diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas VII sampai Kelas IX. Kegiatan ini diisi langsung oleh Kepala Perpustakaan SMP Negeri 1 Tuban, Fajrin Muharrom Affandi dan dibantu oleh seluruh guru Bahasa Indonesia sebagai pemateri.

Sarasehan ini dikemas dengan membahas atau membedah salah satu karya dari penulis terkenal Indonesia yaitu Pramoedya Ananta Toer. Buku itu berjudul Jalan Raya Pos Jalan Daendels. Buku bertema sejarah Indonesia ini memiliki isi yang sangat menarik, saking menariknya sampai-sampai buku ini juga terkenal di luar negeri. Karangan-karangan Pram sebutan dari Pramoedya Ananta Toer memang sudah dikenal di luar negeri, bahkan karyanya telah diterjemahkan ke dalam 42 bahasa.

Buku berjudul jalan Daendels ini menceritakan penderitaan bangsa pribumi Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Banyak orang pribumi yang tewas dalam pembuatan jalan tersebut, tidak hanya ratusan tapi ribuan orang pribumi mati sia-sia. Dengan adanya banyak korban tersebut, jalan daendels disebut dengan jalan yang beraspal darah dan air mata. Selain membedah buku, kegiatan ini juga membahas tentang bagaimana cara membaca efektif dan membiasakan diri untuk cinta dengan literasi. Semua saling bertukar pendapat baik bapak-ibu guru maupun peserta didik SMP Negeri 1 Tuban. Kemudian kegiatan diakhiri dengan kesimpulan bahwa berliterasi jangan hanya mencintai dari luarnya saja. Karena apabila kita ingin untuk mencintai sesuatu kita harus mendalaminya. Begitu juga dengan mencitai literasi untuk pengetahuan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *