Jl. RM Suryo No.1, Sendangharjo, Tuban
(0356) 321322
smpntuban01@gmail.com

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

SMP Negeri 1 Tuban

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

HARI KESAKTIAN PANCASILA

1 Oktober merupakan salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada hari itulah diperingati sebagai hari kesaktian pancasila. Peringatan hari kesaktian Pancasila pada 1 Oktober tahun ini mengambil tema, “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”. Untuk memperingati hari kesaktian pancasila ini SMPN 1 Tuban melaksanakan upacara bendera sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan ideologi bangsa Indonesia yakni Pancasila.

            Upacara dilaksanakan di halaman sekolah, sedang beberapa siswa ada juga yang melaksanakn upacara di alun-alun sebagai wakil dari SMPN 1 Tuban. Upacara ini dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir paada pukul 07.40 WIB. Pada kesempatan ini yang bertindak sebagai pembina upacara adalah bapak H. Hidayaturrahman, SH. Beliau adalah salah satu guru PKn di SMPN 1 Tuban. Dalam amanatnya beliau menyampaikan hakikat dari kesaktian pancasila itu sendiri. Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta upacara bahwa pada era sekarang ini tantangan kita sebagai penerus bangsa sangat berat. Hal ini disebabkan karena adanya ideologi-ideologi asing yang masuk dan mempengaruhi rakyat Indonesia, yang mana ideologi tersebut tidak sesuai dengan bangsa Indonesia dan pancasila.            

Beliau juga menyampaikan bahwa kita khususnya para siswa harus bisa mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila adalah milik bangsa Indonesia seutuhnya, bukan milik salah satu agama atau golongan apapun. Pak Hid sapaan akrabnya juga mengajak agar para generasi muda menyelamatkan pancasila serta menentang pemikiran-pemikiran yang tidak sejalan dengan bangsa Indonesia. Semoga masih selalu ada harapan untuk menyelamatkan Pancasila. Mari bersama kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa yang telah dibangun oleh para pendiri bangsa ini! Kita amalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila terjaga, Indonesia maju dan bahagia!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *