Jl. RM Suryo No.1, Sendangharjo, Tuban
(0356) 321322
smpntuban01@gmail.com

PEMANTAPAN UN KELAS 9 SEBAGAI SARANA PERSIAPAN MENGHADAPI UNBK 2019/2020

SMP Negeri 1 Tuban

PEMANTAPAN UN KELAS 9 SEBAGAI SARANA PERSIAPAN MENGHADAPI UNBK 2019/2020

PEMANTAPAN UN KELAS 9

Setelah 4 hari sebelumnya tanggal 30 September sampai dengan 3 Oktober 2019 dilaksanakan Tryout yang pertama di SMP N 1 Tuban, selanjutnya mulai tanggal 7 Oktober 2019 dimulai jam tambahan Pemantapan UN untuk siswa kelas IX. Kegiatan pemantapan UN dilaksanakan selama empat hari tiap minggunya, dengan jadwal materi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Keempat mata pelajaran tersebut merupakan mapel yang diujikan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kegiatan pemantapan UN diberikan kepada siswa kelas IX guna persiapan menghadapi UNBK. Selama pelaksanaan pemantapan UN ini, seluruh siswa kelas IX akan mendapatkan penjelasan soal-soal yang lebih banyak. Diadakannya pemantapan UN ini guna menambah bank soal yang dimiliki siswa guna mengikuti UNBK tahun 2020 nantinya.

Para pemateri dalam kegiatan pemantapan UN juga merupakan Bapak/Ibu guru dari SMP N 1 Tuban sendiri. Pelaksanaannya sore hari dimulai jam 14.15 sampai 15.30. Setiap 2 minggu melaksanakan pemantapan UN, maka minggu berikutnya siswa kelas IX mengikuti tryout selanjutnya. Kemudian setelah melaksanakan tryout, 2 minggu berikutnya mengikuti kegiatan pemantapan UN kembali. Dalam pembelajaran pemantapan UN, juga membahas soal-soal yang dikeluarkan dalam tryout, terutama soal-soal yang masuk dalam kategori sulit, soal-soal yang merupakan materi kelas VII dan VIII yang mungkin bagi sebagian siswa ada yang lupa. Setiap siswa yang mendapatkan rapot tryout, akan melihat grafik perubahan nilai pada setiap tryout. Grafik ini diharapkan terus naik setiap kali pelaksanaan tryout. Karena berdasarkan rapot tersebut, bapak/ibu guru pengajar dapat melihat perkembangan serta kemajuan pengetahuan dari para peserta didik di SMP N 1 Tuban. Rapot tryout juga menjadi evaluasi terhadap kegiatan pemantapan UN, serta menjadi kendali bagi siswa dan bapak/ibu guru untuk membantu siswa dalam menaikkan prestasi belajarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *