Jl. RM Suryo No.1, Sendangharjo, Tuban
(0356) 321322
smpntuban01@gmail.com

DUKUNGAN PSIKOLOGI AWAL, MANTAPKAN SMPN 1 TUBAN MENJADI SRA

SMP Negeri 1 Tuban

DUKUNGAN PSIKOLOGI AWAL, MANTAPKAN SMPN 1 TUBAN MENJADI SRA

DPA

Sekolah Ramah Anak atau yang sering disingkat SRA merupakan salah satu program pemerintah untuk menciptakan sekolah yang nyaman serta ramah dengan anak. Seluruh elemen sekolah memiliki peran penting dan peran tersendiri untuk mendukung program ini. SMPN 1 Tuban telah ditetapkan menjadi sekolah ramah anak sejak awal tahun 2019, tepatnya bulan Maret. Setelah sebelumnya diadakan sosialisasi dan pelatihan bagi guru dan TAS SMPN 1 Tuban serta deklarasi SRA di SMPN 1 Tuban, selanjutnya adalah Dukungan Psikologi Awal yang kemudian disingkat menjadi DPA.

Jumat, 11 Oktober 2019 SMPN 1 Tuban bersama dengan SMPN 2 Tuban dan SMAN 2 Tuban melaksanakan DPA. Acara ini dilaksanakan di gazebo SMAN 2 Tuban. Pada acara ini, ketiga sekolah mengundang fasnas SRA dari Makasar. Beliau adalah bapak Bagus Dibyo Sumantri. SMPN 1 Tuban mengirimkan 100 siswa yang terdiri dari siswa kelas 8 dan 9 untuk mengikuti kegiatan tersebut. Acara dimulai pukul 07.15 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan sambutan oleh kepala SMAN 2 Tuban.

Setelah sambutan dari kepala SMAN 2 Tuban, tibalah saatnya penyampaian materi DPA oleh bapak Bagus. Beliau membawakan materi dengan sangat menarik disertai dengan permainan-permainan berkelompok sehingga para siswa sangat antusias dalam acara tersebut. Pak Bagus sering kali berinteraksi langsung dengan siswa. Menanyakan seputar masalah-masalah yang sering dihadapi oleh siswa SMP. Pada kesempatan kali ini, beliau menjelaskan bahwa sebagai siswa harus saling menolong antar teman. Tidak melakukan bullying dan saling menyayangi. Bukan hanya itu saja, beliau juga menghimbau kepada siswa agar menjadi teman yang menyenangkan serta bisa menjadi tempat curhat yang baik bagi temannya.

Setelah penyampaian materi, diadakan sesi tanya jawab. Banyak siswa yang bertanya pada Pak Bagus utamanya tentang bagaimana caranya menjadi teman yang baik, bagaimana caranya menghilangkan bullying di sekolah. Dan tak sedikit pula yang curhat mengenai masalah pribadi mereka dan teman-teman mereka. Pak Bagus sangat mengapresiasi seluruh peserta DPA. Beliau yakin dan percaya bahwa seluruh peserta DPA kelak akan menjadi pemimpin besar dan penerus bangsa Indonesia yang luar biasa. Terakhir kalinya beliau menekankan pada siswa bahwa mereka adalah pelajar anti kekerasan dan sangat cinta teman. Kegiatan DPA ini berakhir tepat pukul 10.30 WIB. Setelah ditutup dengan doa, diadakan foto bersama seluruh peserta dengan Pak Bagus. Mari jadikan SMPN 1 Tuban sekolah yang ramah anak. Stop bullying, karena bullying bukan sesuatu hal yang bisa dibanggakan. Jadilah generasi penerus bangsa yang cerdas, penuh kasih sayang dan beretika. Pelajar SMPN 1 Tuban Anti Kekerasan dan Amat Cinta Teman!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *