Jl. RM Suryo No.1, Sendangharjo, Tuban
(0356) 321322
smpntuban01@gmail.com

HARI PRAMUKA KE-58

SMP Negeri 1 Tuban

HARI PRAMUKA KE-58

HARI PRAMUKA KE-58

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina PramukaAndalan PramukaKorps Pelatih PramukaPamong Saka PramukaStaf Kwartirdan Majelis Pembimbing.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Pada hari ini 14 Agustus 2019 adalah hari pramuka yang ke-58. Sama seperti instansi-instansi lain, SMP Negeri 1 Tuban juga ikut memperingati hari Pramuka dengan mengenakan pakaian Pramuka dan apel pagi. Apel pagi ini dipimpin langsung oleh kepala SMP Negeri 1 Tuban yaitu bapak Mukmanan, S.Pd., M.Pd. Pada kesempatan ini bapak kepala sekolah menyampaikan pentingnya kegiatan pramuka dalam dunia pendidikan yaitu sebagai penumbuh karakter peserta didik. Di dalam pramuka terdapat Dasa Dharma yang wajib dipatuhi oleh setiap anggota pramuka. Dengan mengamalkan Dasa Dharma ini, maka secara tidak langsung karakter pada siswa akan secara otomatis terbentuk dengan sendirinya. Apel pun ditutup dengan doa yang dipimpin oleh perwakilan siswa SMP Negeri 1 Tuban. Keluarga Besar SMP Negeri 1 Tuban mengucapkan SELAMAT HARI PRAMUKA KE 58. Semoga Pramuka jaya selalu dan melahirkan tunas-tunas muda yang bisa membawa bangsa kita ke arah yang lebih baik. Wujudkan bangsa berkarakter dan bermartabat melalui gerakan Pramuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *