Jl. RM Suryo No.1, Sendangharjo, Tuban
(0356) 321322
smpntuban01@gmail.com

PELANTIKAN ANGGOTA GUDEP 0109 – 1010 DENGAN MASA ORIENTASI PRAMUKA ATAU LEBIH DIKENAL DENGAN ISTILAH MOP

SMP Negeri 1 Tuban

PELANTIKAN ANGGOTA GUDEP 0109 – 1010 DENGAN MASA ORIENTASI PRAMUKA ATAU LEBIH DIKENAL DENGAN ISTILAH MOP

MOP

Sabtu, 27 Juli 2019 peserta didik baru SMP Negeri 1 Tuban akan melakukan kegiatan pelantikan anggota gudep selama 2 hari. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik baru.

Kegiatan diawali oleh apel pembukaan yang dipimpin langsung oleh bapak kelapa SMP Negeri 1 Tuban yaitu Mukmanan, S.Pd., M.Pd. Apel yang diawali dengan penghormatan kepada pembina apel kemudian menaynyikan lagu kebangsaan dan dilanjutkan pembacaan Dasa Dharma, UUD 1945, dan Pancasila. Kemudian dilanjutkan dengan amanat pembina upacara. Dalam kesempatan ini bapak Kepala Sekolah selaku pembina upacara menyampaikan bahwa sebagai anggota pramuka kalian harus bisa menjaga kedisiplinan, manaati aturan yang ada, dan tidak sembarangan dalam melakukan seuatu. Tak lupa bapak kepala sekolah juga berpesan untuk tidak lupa menjalankan sholat lima waktu bagi yang beragama muslim dan melafalkan doa-doa bagi kepercayaan lain.

Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan pelantikan secara simbolis yang dilakukan oleh Bapak Kepala SMP Negeri 1 Tuban dengan perwakilan dari peserta didik baru. Kemudian acara dilanjutkan dengan doa bersama. Setelah apel selesai, seluruh peserta melakukan sholat berjamaah dan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh kakak pembina. Acara yang ditunggu-tunggupun datang, yaitu pentas seni. Acara pentas seni diisi oleh perwakilan dari kelas 8 dan 9. Selain itu, seluruh peserta didik baru juga wajib menampilkan tampilan dalam pentas seni tersebut. Acara pentas seni berjalan sangat meriah dengan tampilan-tampilan dari pengisi acara yang sungguh kreatif. Acara tersebut ditutup dengan doa bersama dan istirahat untuk persiapan kegiatan esok hari.

Istilah MOP pasti sudah sering kita dengar, atau lebih tepatnya Masa Orientasi Pramuka. MOP adalah kegiatan tahunan yang selalu dilaksanak an dalam rangka pelantikan Dewan Galang baru, sehingga peserta dari MOP adalah peserta didik baru. Kegiatan MOP selalu dilaksanakan setelah kegiatan MPLSPDB (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru) berakhir.

Agenda kegiatan MOP, yang mana pihak panitia merupakan para senior kelas VIII yang tergabung dalam kelompok DKG (Dewan Kerja Galang) selalu mempersiapkan kegiatan tersebut secara matang. Tidak heran setiap tahun, pelaksanaan MOP selalu lancar dan sukses. Bahkan acara Pentas Seni yang diselenggarakan didalamnya juga sangat meriah.

SMP Negeri 1 Tuban, pada tahun pelajaran 2019/2020 melaksanakan MOP pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 27 s/d 28 Juli 2019. Meskipun pada tanggal 28 Juli 2019, kegiatan MOP bersamaan dengan SVLC IV, namun dalam pelaksanaannya baik panitia MOP dan panitia SVLC tidak ada permsalahan. Justru dari pihak DKG dan OSIS saling mendukung satu sama lain. Kelas yang digunakan sebagai tempat istirahat para peseta didik baru dalam mengikuti MOP, dibuat rapi dan terjadwal sehingga tidak saling tumpang tindih. Dan pada saat tanggal 28, agenda dari MOP pada pukul 05.30 sudah berada di Pantai Boom. Pada saat di Pantai Boom agenda MOP adalah senam pagi, sarapan bersama, bersih pantai, menerima materi dari pembina dan sekaligus penutupan. Dengan adanya kegiatan MOP, diharapkan para siswa baru SMP N 1 Tuban semakin mengenal lingkungan, karakter sekolah, dan tentunya mempererat tali persaudaraan antar seluruh warga SMP N 1 Tuban.

Pagi hari dihari terakhir, kegiatan diawali dengan senam pagi kemudian dilanjutkan dengan outbond dan tukar kado. Kegiatan tukar kado berjalan sangat meriah dan seru, karena mereka dibuat penasaran oleh kado-kado dari teman-temannya. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan apel penutupan yang dipimpin oleh ibu Indra Sugiarsi selaku Waka Kesiswaan. Kegiatan ditutup dengan bernyanyi sayonara sambil berjabat tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *