Jl. RM Suryo No.1, Sendangharjo, Tuban
(0356) 321322
smpntuban01@gmail.com

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Kelas VII-F SMP Negeri 1 Tuban Menggunakan Pendekatan Saintifik Berorientasi HOTS Selama Pembelajaran Jarak Jauh

SMP Negeri 1 Tuban

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Kelas VII-F SMP Negeri 1 Tuban Menggunakan Pendekatan Saintifik Berorientasi HOTS Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Artikel Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 1 Tuban
www.smpn1tuban.sch.id


Bidang Kajian : Pendidikan Matematika
Jenis Artikel : Hasil Penelitian


Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar
Kelas VII-F SMP Negeri 1 Tuban Menggunakan
Pendekatan Saintifik Berorientasi HOTS Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Maharani Ratnapalupi, M.Pd
Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tuban
maharanirpalupi@gmail.com


Abstrak


Pendekatan saintifik berorientasi HOTS diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga tidak terjadi kejenuhan, dengan
demikian peserta didik akan mengembangkan proses berpikir tingkat tinggi dalam
menyelesaikan permasalahan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini
adalah: apakah penggunaan pendekatan saintifik berorientasi HOTS dapat meningkatkan
hasil belajar matematika materi bentuk aljabar di kelas VII-F SMP Negeri 1 Tuban selama
pembelajaran jarak jauh? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: untuk
meningkatkan hasil belajar matematika materi bentuk aljabar kelas VII-F SMP Negeri 1
Tuban melalui pendekatan saintifik berorientasi HOTS selama pembelajaran jarak jauh.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri
dari empat tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VII-F semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Data yang diperoleh
berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Berdasarkan data
hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada pra siklus 33,70,
siklus I 73,33, dan siklus II 88, 02 dengan jumlah ketuntasan secara klasikal pada pra
siklus 1 orang atau 3,70%, siklus I 19 orang atau 70,37%, dan siklus II 25 orang atau
sebesar 92,59%.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah adanya peningkatan hasil
belajar siswa pada setiap indikator pencapaian kompetensi. Hal ini membuktikan bahwa
pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berorientasi HOTS mampu
meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: kompetensi, pendekatan saintifik, HOTS

Link Artikel Klik disini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *